by

Laptop Serba Bisa: Lenovo C340

Persaingan di lini mobile desktop semakin marak dan tidak ada habisnya. Setelah kemarin ASUS mengeluarkan produk yang cukup membuat dompet kurus, kini giliran Lenovo yang mengeluarkan produk terbarunya, yaitu Lenovo C340. Dan kabarnya, Lenovo C340 ini dimaksudkan untuk mengganti Lenovo Yoga.

Ada tiga varian dari Lenovo C340. Varian tersebut di antaranya adalah: Core i3, core i5 dan core i7. Pada varian core i7, laptop tersebut dibekali dengan storage bertipe SSD sebesar 1TB. Sedangkan untuk varian core i3 dan core i5 hanya memiliki storage sebesar 512 GB. Keduanya sama-sama bertipe SSD.

Laptop ini memiliki 8 GB RAM DDR 4 dengan kecepatan 2400 Mhz. Sedangkan VGA-nya menggunakan NVIDIA GeForce MX230 DDR 5 dengan VRAM 2 GB. Layarnya cukup lebar, berdimensi 15,6 inci dengan resolusi full HD. Mengingat ini adalah tipe C, yang artinya compatible, maka layarnya juga mempunyai fitur touch screen dan bisa dilipat. Sebagai bonus, kalian nanti juga akan mendapat stylus.

Terakhir, Lenovo C340 sudah memiliki garansi ADC (Accidental Damage Protecion). Itu artinya meskipun laptop ini rusak karena human error, seperti terkena air, terbakar, jatuh, atau semacamnya, kamu masih bisa klaim garansi.

Baiklah, saya rasa cukup tentang pengenalan Lenovo C340. Sekarang mari kita mulai reviewnya.

  1. Desain

Di bagian belakang laptop sudah tidak ada tulisan Yoga; hanya ada logo Lenovo di pojok kiri atas. Saya pribadi menyukai desain ini karena terlihat simpel dan premium. Ditambah lagi, cashing belakang yang sangat tebal tersebut diberi sentuhan akhir warna silver aluminium sehingga kesan solid dan premiumnya begitu terasa.

Lenovo C340

Untuk bagian dalam, kombinasi warnanya sama dengan bagian luar—didominasi warna silver aluminium. Pada sisi kanan kamu akan menemukan sesuatu yang tidak ada di Lenovo Yoga, yaitu sensor sidik jari. Sayangnya, keyboardnya masih belum dilengkapi dengan LED backlight. Sedangkan untuk ukuran dan tata letak keyboard masih sama dengan desain-desain sebelumnya.

  • Layar

Laptop ini mempunya layar yang sudah baseless dengan corning gorilla glass. Biasanya, layar yang memakai corning gorilla glass itu memantulkan cahaya. Hanya saja, pada Lenovo C340 ini pantulannya tidak terlalu terlihat. Di frame bagian atas layar terdapat webcam. Resolusinya biasa saja, yaitu 720p.

Sayangnya, meskipun sudah tampak premium jika dilihat dari besel, panel laptop ini masih menggunakan jenis TN, yang membuat warna dan juga brightness yang dihasilkan terlihat pucat dan pudar.

Terakhir, untuk touch screennya, sudah cukup bagus karena minim stuttering dan delay. Jadi jika kalian mencoba untuk menggambar di layar, rasanya sudah cukup nyaman.

  • Konektivitas

Lenovo C340 memiliki wifi 802.11ac dan bluethoth 4.2. Sedangkan untuk port I/O-nya, di sebelah kiri terdapat port charger, HDMI, USB tipe C, dan juga jack audio. Untuk di sebelah kanan terdapat dua buah dua buah port USB tipe C, slot micro SD.

  • Performa

Dengan spesifikasi yang lumayan mumpuni, Lenovo C340 masih kuat untuk memainkan game. Pertama, ketika dipakai untuk memainkan CS: GO, kamu akan mendapat rata-rata FPS di atas 100. Kemudian saat gunakan untuk memainkan game yang agak berat, yaitu PES 2019, rata-rata FPS yang bisa kamu dapatkan adalah 30. Angka ini masih bisa dibilang playable.

  • Kesimpulan

Untuk laptop kelas mid-end, harga Lenovo C340 adalah yang paling murah. Sedangkan untuk fitur-fitur yang ditawarkan rasanya juga cukup oke; baterai yang bisa bertahan hingga 10 jam, dapat stylus gratis, kipas dual fan, storage yang cukup lega.

Dan untuk kekurangannya, laptop ini masih menggunakan panel TN. Cukup ketinggalan untuk laptop seharga 10 jutaan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *